BAB I
PENDAHUUAN
A.
Latar
Belakang
Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang
kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir segala bidang menggunakan
computer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang
menggunakan computer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan computer sangat memudahkan kita.
Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah computer beroperasi?
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah
computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat
beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal
– hal mengenai arsiktektur computer, dan software.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Arsitektur Komputer
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin
elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling
bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem
ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara
otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer
ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM,ROM, disc, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor
atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping
silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu
transistor dan komponen elektronik yang lain. memori adalah salah satu tempat
penyimpanan pada sebuah computer.
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen
yang sama, yaitu :
-
Prosesor
-
Memori
-
Penyimpanan sekunder
-
Perangkat Input
-
Perangkat Output
|
|||
Gambar Skema Komputer
Alat pemrosesan computer adalah alat di mana instruksi
– instruksi program di peruses untuk mengolah data yang sudah di masukan lewat
alat input dan hasilnya akan di tampilkan di alat output . Alat pemroses
terdiri dari central processor atau CPU dan main memory.
- Penyimpanan Primer
Memory primer, atau primary memory adalah memori pada
komputer yang merujuk pada RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only
Memory) sebagian besar alokasinya adalah pada RAM. Disebut memori primer karena
jenis memory ini diakses secara langsung dan pertama kali oleh processor saat
menjalankan sebuah perintah. Tipe memory ini kemudian disebut juga sebagai main
memory.
Memory primer, terbuat dari bahan semikonduktor dan
terhubung dengan processor lewat slot pada motherboard, sifatnya adalah
volatile (untuk jenis RAM) yang artinya data yang ada di dalamnya akan hilang
saat arus listrik mati. Memory primer dibutuhkan untuk pengalokasian memory
pemrosesan data secara cepat, sehingga yang ditekankan adalah kapasitas process
dan kecepatannya bukan keamanan penyimpanan datanya.
Ukuran kapasitas penyimpanan primer :
Satuan
|
Ekivalen
|
Keterangan
|
Byte
|
8 bit
|
Untuk menyimpan sebuah karakter pada
sistem ASCII atau EBCDIC
|
Kilobyte
|
1024 byte
|
Awal PC hanya memiliki memori 640
byte
|
Megabyte
|
1024 KB
|
Memori PC pd saat ini berkisar
antara 64 – 256 Megabyte
|
Gigabyte
|
1024 MB
|
Ukuran hard disk yang digunakan
berkisar antara 20 – 40 gigabyte
|
Terabyte
|
1024 GB
|
Database yang sangat besar
|
Pentabyte
|
1024 TB
|
Penggunaan di masa datang
|
- Bentuk
Penyimpanan Sekunder :
·
RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan
primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
·
ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan
sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan
jika listrik padam data tidak akan hilang
·
Cache
Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk
membantu RAM biasa dalam proses data.
B. Peralatan Input
Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan
data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga
dibagi dua yaitu input sinyal dan maintenance. Input sinyal adalah data atau
program yang dimasukan kedalam sistem komputer. Sedangkan maintenance adalah program
yang digunakan untuk mengolah data input sinyal.
Perangkat input merupakan peralatan yang dapat
digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Perangkat ini
yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar
komputer melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja
yang dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat dipahami oleh
manusia kepada bentuk yang dipahami oleh komputer (machine readable form), ini
berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusia kepada
data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode binary (binary
encoded information).
a.
Unit Input
Unit input yang paling popular, dimana pengguna
memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.
1.
Alat Penunjuk
Key board
Mouse
Trackball
Touch Screen
Light Pen
Unit Remote Control
2.
Alat Input Otomatis Data Sumber
·
Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang
di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel
photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical
Character Recognition), OMR (Optical
Mark Reader)
·
Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang
dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic
Ink Character Recognition).
3.
Alat Input Pengenal Suara
Unit pengenal suara (speech
recognition unit)
·
Mikropon
·
Automatic
Speech Recognation (ASR)
·
Touchtone
4.
Alat Input Video
Video Camera recorder atau Camcoder
5.
Alat Input Penerima Gerak
·
Headset
·
Glove
·
Walker
C. Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan sekunder (juga dikenal
sebagai memori eksternal atau penyimpanan tambahan), berbeda dari penyimpanan
utama dalam hal itu tidak langsung dapat diakses oleh CPU. Komputer biasanya
menggunakan input / saluran output untuk mengakses penyimpanan sekunder dan
transfer data yang diinginkan dengan menggunakan daerah menengah dalam
penyimpanan utama. Penyimpanan sekunder tidak kehilangan data bila perangkat
dimatikan-itu adalah non-volatile. Per unit, itu biasanya juga dua lipat lebih
murah dari penyimpanan utama. Akibatnya, sistem komputer modern biasanya
memiliki dua perintah besarnya lebih penyimpanan sekunder dari penyimpanan
primer dan data disimpan untuk waktu yang lebih lama disana.
Bentuk penyimpanan Skunder antara
lain :
·
Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·
Hard Disk : Removable dan Non removable
·
Floppy Disk
·
Piringan Optik : CD, DVD
·
USB Flash Disk
·
Smart Card
·
Kartu memori
D. Peralatan Output
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan
menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam
bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan
sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1.
Softcopy, terdiri dari dua jenis :
·
Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
·
Audio
2.
Hardcopy, terdiri dari :
·
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser,
Multifungsi
·
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal,
Pemotong, Format Le bar
·
Computer Output Microfilm (COM)
D. Software
Nama lain dari Software adalah
perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun
berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah
komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia,
maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara
fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda
namun bisa untuk dioperasikan.
Pengertian Software komputer adalah
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak
inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :
a.
Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar
tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
a)
Ada tiga jenis
dasar perangkat lunak sistem :
i.
Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai,
perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh :
Windows XP, DOS, UNIX
1.
Menjadwalkan Tugas
2.
Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat
lunak
3.
Menjaga keamanan sistem
4.
Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa
pemakai
5.
Menangani Interrupt
6.
Menyiapkan catatan pemakaian
ii.
Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi
pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai
tertentu.
iii.
Penerjemah Bahasa Komputer
ii.
Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine
language)
iii.
Bahasa Generasi Kedua, Assembler
iv.
Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
v.
Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL,
memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan
bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam
generasi bahasa keempat :
1.
Database Query Language
2.
Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan
model matematika. Contoh : GPSS
3.
Very High Level Language : PASCAL, APL
4.
Graph Generators : paket grafik
5.
Report Writer : COBOL, RPG
6.
Aplication Generators : program aplikasi pembayaran
gaji
b. Perangkat Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang
sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
i.
Paket Aplikasi Bisnis Umum
ii.
Paket Aplikasi Khusus Industri
iii.
Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
iv.
Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
DI. PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA
SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan
langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan
dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk
meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar